Saturday, November 5, 2016

Selesainya Pejuang Skripsi 2012


Bulan Mei menjadi awal bagi beberapa rekan RADON 2012. Setelah 4 tahun kurang menjalani masa-masa kuliah di Kimia Unpad akhirnya mereka berhasil menyelesaikan studinya dan berhak menyandang gelar Sarjana Sains (S.Si). Perlahan tapi pasti, di bulan Mei, Agustus dan November satu demi satu anggota RADON menyelesaikan studinya, berjuang berbulan-bulan menyelesaikan tugas akhirnya, menghadapi bolak-balik menyerahkan draft skripsi, di-PHP dosen pembimbing hingga dikritik dosen penguji, namun semua itu terbayarkan dengan prosesi yudisium jurusan yang mengukuhkan kami menjadi Sarjana Sains.

Sedih.. ya, itulah yang kami rasakan ketika sekian lama berjuang menempuh pendidikan tinggi kini harus meninggalkan kenangan itu, di Kampus Jatinangor tercinta. Dapat kembali tinggal satu atap bersama keluarga nun jauh disana, setelah sekian lama tinggal di Kos-Kosan, hingga dapat kembali merasakan nikmatnya masakan buatan ibu sendiri, setelah sekian lama menikmati masakan a la warteg.

Bahagia.. ya, itu juga yang kami rasakan ketika keluar dari gedung Kimia Unpad dengan resmi menyandang gelar Sarjana. Di tengah ratusan bahkan ribuan manusia yang berjuang untuk dapat menjadi sarjana, gelar itu telah kami genggam. Betapa bahagia melihat senyum kedua orang tua yang telah bersusah payah membiayai kuliah kami, melihat kami pulang dengan kabar bahagia, anaknya telah menjadi seorang sarjana.

Takut.. ya, kami pun merasakan hal demikian. Ketika gelar sarjana sudah di tangan, tanggung jawab pun kami terima di belakangnya. Menjadi seorang akademisi yang membawa bekal ilmu dari kampus, kami merasa takut apabila ilmu kami menjadi sia-sia belaka. Ketika ilmu yang dituntut selama bertahun-tahun itu menguap begitu saja, tidak kami aplikasikan. Bukan hanya sebatas ilmu yang kami dapat di perkuliahan saja, ilmu organisasi pun mesti kami aplikasikan. Percuma bila hal-hal itu hanya menjadi pemanis belaka.

Kami pun sadar bahwa apa yang telah dicapai bukan hanya karena perjuangan dari diri kami sendiri. Doa dari orang tua, sahabat dan guru-guru kami pun turut berada di balik itu semua. Menggerakkan kehendak Tuhan untuk menyertai dan meridhoi setiap langkah kami hingga sampai ke titik ini.

Selamat dan Sukses bagi rekan-rekan RADON 2012. Selamat berkarya nyata bagi Bangsa dan Negara. Senantiasa ingat akan kawan-kawan seperjuangan kalian dan mari saling mendoakan agar senantiasa diberi kemudahan dalam setiap langkah kita, langkah yang membawa kita menuju kesuksesan dunia dan akhirat...

Best Regards...
RADON 2012





0 comments: